No Widgets found in the Sidebar
6 Camilan dengan Kolesterol Tinggi

Camilan dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan kalori. Namun, ada beberapa camilan berkolesterol tinggi yang harus dihindari. Diketahui bahwa kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Kolesterol tinggi bahkan dianggap sebagai salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol sendiri merupakan senyawa lemak yang terutama diproduksi di hati. Sedangkan yang lainnya didapat dari makanan.

Ada dua jenis kolesterol. Yaitu kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL).

Ada dua jenis kolesterol. Yaitu kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL).

1. Gorengan

Kenikmatan gorengan memang tak terbantahkan. Kentang goreng, tempe dan tahu goreng, pisang goreng, semuanya enak dengan teh atau kopi.

Namun, makanan yang digoreng harus dihindari karena mengandung kolesterol tinggi.

Seperti dikutip Healthline, makanan yang digoreng tinggi kalori dan mengandung lemak trans, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

2. Yoghurt penuh lemak

Meskipun padat nutrisi, yogurt, terutama yogurt penuh lemak, tinggi kolesterol. Ada 31,8 mg kolesterol dalam 245 gram yogurt utuh.

Bagus untuk mengurangi atau mengganti jenis yogurt yang dikonsumsi.

3. Sandwich Mentega
Lemak mentega sebagian besar adalah lemak jenuh. Mentega, alias mentega, adalah produk turunan susu yang jauh lebih tinggi asam lemaknya daripada susu biasa.

“Asupan mentega harus moderat untuk memungkinkan lemak sehat masuk ke dalam makanan seseorang,” kata ahli diet Kelly Jones, dikutip dalam All Recipes.

4. Popcorn

Tidak ada film atau serial yang lengkap tanpa camilan berupa popcorn. Namun, berhati-hatilah karena popcorn mengandung kolesterol tinggi.

Popcorn terkadang mengandung sejumlah besar mentega dan minyak terhidrogenasi yang tinggi lemak trans. Popcorn tidak memberikan nutrisi apa pun bagi tubuh, tetapi dapat meningkatkan risiko penyumbatan arteri.

“Cari versi rendah lemak atau buat sendiri. Hindari menambahkan mentega cair ke popcorn bioskop. Minyak yang digunakan dalam popcorn sudah tinggi lemaknya,” jelas ahli gizi dan penulis Lauren Harris-Pincus.

5. Sosis

Tidak ada yang lebih praktis daripada sosis siap saji. Namun, sosis adalah camilan yang sarat kolesterol.

Tidak hanya sosis, daging olahan lainnya juga tinggi kolesterol, seperti bacon dan hot dog. Jika dimakan secara berlebihan setiap hari, makanan tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus besar.

6. Kue dan Biskuit

Camilan seperti kue, kue kering, es krim, dan roti disukai karena rasa manisnya. Padahal, mereka termasuk jajanan tinggi kolesterol.

Selain kolesterol, jajanan ini juga tinggi akan tambahan gula, lemak jenuh dan kalori. Jika ngemil terlalu sering dan berlebihan, berat badan Anda bisa bertambah karena obesitas.

By Junko