No Widgets found in the Sidebar
Tips Mudah Belajar Coding Untuk Pemula

Coding merupakan salah satu skill professional yang dimiliki oleh seorang programmer. Dalam dunia kerja orang yang memiliki skill atau kemampuan ini sangatlah banyak dicari.

Berbagai perusahaan kini semakin gencar mencari orang-orang yang memiliki kemampuan dalam coding. Alasannya tak lain karena skill inilah yang berperan penting dalam pengembangan situs dan software serta pemrograman komputer.

1. Memahami konsep dasar coding

Sebelum Anda mempelajari bahasa pemrograman yang berbeda, Anda benar-benar perlu memahami lima konsep yang menjadi dasar pengkodean. Konsep dasar tersebut antara lain:

Variabel. Ini adalah nilai, angka, string, atau alamat memori yang dapat digunakan programmer untuk menulis program.

Sebuah struktur kontrol, yang merupakan serangkaian blok pemrograman yang menganalisis variabel dan menentukan arah selanjutnya. Struktur data. Ini adalah format khusus untuk menganalisis dan menyimpan data sesuai dengan tujuan tertentu.

Sintaks, yaitu kode atau skrip yang dipahami komputer untuk mencapai tujuan pemrogram.

Alat seperti seperangkat program komputer yang diperlukan untuk membuat, memelihara, mendukung, dan men-debug program atau aplikasi lain.

2. Pilih bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman yang dipilih tergantung pada tujuan pengkodean itu sendiri. Jadi cari tahu dulu tujuan dari coding agar kamu bisa memilih bahasa pemrograman dan juga sumber belajar yang ingin kamu gunakan.

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat situs sangat berbeda dengan bahasa desainer game mobile.

Untungnya, sebagian besar bahasa pengkodean memiliki konsep dasar yang sama dengan yang dapat digunakan pemula.

3. Pelajari bahasa pemrograman secara individual

Jika Anda belajar coding sebagai pemula, Anda harus fokus mempelajari satu kelas bahasa pemrograman sebelum mempelajari yang lain. Ini agar Anda tidak bingung atau mencampur jenis sintaks yang berbeda.

Mulailah dengan mempelajari bahasa pemrograman sederhana seperti Python, JavaScript atau HTML/CSS.

Namun, jika Anda berencana untuk meningkatkan situs Anda, Anda perlu mempelajari HTML dan CS secara bersamaan. Hal ini dikarenakan kedua bahasa pemrograman tersebut seringkali harus digunakan secara bersamaan.

4. Pelajari dasar-dasar setiap bahasa pemrograman

Mempelajari bahasa pemrograman apa pun harus dimulai dengan dasar-dasarnya. Misalnya, jika Anda ingin belajar Python, cobalah mulai dengan bagian pengantar dan instruksi.

Bagilah proyek besar menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana. Tidak ada yang salah dengan mempelajari satu langkah selama beberapa hari sebelum Anda memulai yang lain. Setelah Anda menguasai tutorialnya, coba hapus lagi dan mulai lagi.

5. Ikuti kursus coding

Berbagai kursus online kini tersedia bagi pengguna yang ingin belajar pemrograman dari awal. Bentuk kursus online sangat bervariasi, dari tutorial video berbasis teks hingga bentuk kursus interaktif terbaru.

Kursus interaktif lebih efektif berkat praktik praktis materi tertentu. Anda dapat mencoba pelajaran melalui situs-situs seperti Codecademy, Code.org, KhanAcademy dan bahkan Scratch, yang tersedia untuk segala usia.

Ada banyak platform yang menawarkan instruksi coding, Anda juga bisa mendapatkan rekomendasi kursus gratis di Docker atau mendaftar kursus online melalui Udemy.

Dimana EKRUT bekerjasama dengan Udemy menghadirkan berbagai kursus, termasuk kursus coding.

6. Belajar coding oleh orang lain

Fragmen pengkodean mudah ditemukan karena pengkodean dan pemrograman adalah sumber terbuka yang dapat diakses oleh semua orang. Cobalah untuk menemukan kode sederhana dan kemudian amati aspek-aspek berikut:

Apakah metode yang digunakan di setiap coding line efektif?
Apakah ada kesalahan dalam cuplikan kode?
Bagaimana Anda bisa memodifikasi kode untuk mengubah fungsinya?

7. Belajar coding melalui game online

Ini bisa menjadi hal yang menyenangkan seperti tips coding. Karena Anda bisa belajar encoding Android sambil mempelajarinya melalui game online yang dibuat oleh developer.

Banyak game online saat ini yang berbasis JavaScript, C++ dan bahasa pemrograman Java, seperti Counter Strike, Angrybirds, Polycraft, Football Pro dan banyak lagi.

Melalui game online ini, Anda bisa belajar dari desain game hingga kesulitan yang dihadirkan oleh para pengembang game.

8. Belajar coding dari buku

Walaupun tergolong biasa, kamu bisa belajar coding gratis melalui buku-buku di Indonesia yang bisa kamu dapatkan di perpustakaan tempat kamu tinggal atau buku-buku yang kamu pinjam dari teman. Ada banyak buku tentang pemrograman yang bisa Anda temukan. Beberapa di antaranya adalah buku Elizabeth Tweedale ‘Coding make a program’ yang diterjemahkan ke dalam terjemahan bahasa Indonesia. Kemudian ada buku “Mengajar Coding Android untuk Pemula” karya Yuniar Supardi.

9. Pandai dalam membimbing

Ada banyak komunitas pemrograman tempat Anda dapat terlibat. Ketika Anda bergabung dengan komunitas ini, Anda dapat bertemu banyak programmer dan pengembang yang dapat menjadi teman Anda dalam diskusi atau bahkan instruktur dalam proses belajar coding.

Pengalaman, saran, dan umpan balik mereka akan memperluas pengetahuan dan pengalaman belajar coding untuk pemula seperti Anda.

Bisa jadi begitu Anda mendapatkan kepercayaan diri, giliran Anda menjadi mentor bagi para pemula lainnya.

Pada prinsipnya, tidak ada satu metode pengkodean terbaik untuk pembelajaran yang dapat diakses oleh semua orang.

Anda harus terbiasa dengan berbagai bahasa pemrograman dari berbagai sumber pembelajaran untuk menemukan apa yang cocok untuk Anda. Belajar kode dan program juga membutuhkan waktu dan kesabaran, tetapi hasilnya terbayar dengan keterampilan yang baik.

Karena itu, jangan menyerah dan kembangkan potensi Anda.

By Junko

Related Post